Apa Itu APN (Acces Point Name) ?




Pasti kalian tidak asing lagi dengan kata APN, yang biasa utak-atik settingan jaringan hand phone pasti tau lah. Nah kali ini saya mau jelaskan apa sih itu APN dan ada apa dibalik APN tersebut, kok sepertinya penting sekali buat kita perbincangkan.

APN (Acces Point Name) adalah gateway yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan penghubung ponsel atau komputer ke internet.APN atau Nama Titik Akses adalah nama gerbang antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G atau 4G dan jaringan komputer lainnya, sering kali Internet publik. Perangkat seluler yang membuat sambungan data harus dikonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke operator. Kalian sudah baca kan di penjelasan di atas ada kalimat Gateway ? sekalian deh saya jelaskan tentang Gateway itu apa.

Gateway adalah (gerbang jaringan) sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun lebih jaringan komputer yang memakai protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya tidak sama atau berbeda.

Protokol adalah suatu aturan yang mendefinisikan fungsi yang terdapat di dalam sebuah Jaringan komputer, seperti misalnya mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima supaya komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda.
Atau definisi dari protokol adalah perangkat aturan yang dipakai di dalam jaringan, protokol ialah suatu aturan main yang menata atau mengatur komunikasi antar beberapa komputer dalam sebuah jaringan sehingga komputer anggota dari jaringan dan komputer yang berbeda platfrom dapat saling mengirimkan informasi dan saling berkomunikasi.

Struktur APN terdiri dari:
  • Network Identifier, yaitu bagian yang berperan dalam mendefinisikan jaringan eksternal dimana GGSN (Gateway GPRS Support Node) terhubung. Namun, untuk pilihan pengaturan lainnya bisa digunakan jika diinginkan.
  • Operator Identifier, yaitu bagian yang bersifat opsional dimana bagian ini berperan dalam mendefinisikan jaringan paket operator spesifik, dimana GGSN berada. Pada bagian ini terdapat MCC (Mobile Country Code) atau kode negara dan MNC (Mobile Network Code) atau kode jaringan seluler yang bisa mengidentifikasi operator yang digunakan secara otomatis.
APN mengandung informasi khusus, seperti nama profil, username, password, jenis autentifikasi, proxy dan lain sebagainya yang dijadikan bahan pertimbangan operator untuk memberikan akses internet di ponsel. Jadi, ponsel yang hendak membuat sambungan data harus melakukan konfigurasi APN terlebih dulu. Setelah diperiksa, operator akan menentukan jenis koneksi yang harus dibuat.
Dengan APN, operator bisa memastikan device menentukan IP address yang benar dan cocok serta terhubung ke server gateway yang aman. Sehingga, user bisa menikmati internet dengan aman dan nyaman.

Fungsi APN

Fungsi APN (Acces Point Name) yaitu sebagai penghubung antara device dengan operator yang menyediakan layanan internet. APN akan memberikan akses internet sesuai dengan provider atau kartu prabayar yang digunakan. Jadi, apabila sedang memakai kartu prabayar A maka APN harus disetting dengan pengaturan untuk operator tersebut. Jika berbeda atau ada yang salah, maka tidak akan bisa terhubung ke internet.
Selain itu, APN juga berfungsi untuk menentukan jenis layanan, misalnya koneksi ke WAP (Wireless Application Protocol) dan MMS (Multimedia Messaging Service) yang ditawarkan PDN.

0 Response to "Apa Itu APN (Acces Point Name) ?"

Posting Komentar