6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker



keripik-asin-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Guilia Carradori
 

Salah satu penyakit yang  ditakuti kebanyakan orang adalah kanker. Tidak hanya meningkatkan risiko  kematian dini, tetapi karena penyakit ini memakan bagian-bagian tubuh, pasien akan mengalami penderitaan yang luar biasa. Selain itu, proses pengobatan untuk penyakit ini biasanya sangat sulit dan mungkin tidak bisa sembuh total. Untuk alasan ini, perlu untuk mencegah kedatangannya sebanyak mungkin.

Berbagai macam makanan yang harus dihindari demi mencegah kanker

Salah satu cara untuk mencegah  kanker adalah makan dengan benar. Pakar kesehatan mengatakan ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko  penyakit ini, jadi sebaiknya Anda menghindarinya.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Ini karena rasanya yang enak dan menyegarkan, apalagi jika disantap dalam keadaan dingin. Masalahnya, minuman berkarbonasi adalah salah satu minuman yang paling tidak sehat. Kandungan gula  dalam minuman ringan sangat tinggi. Selain itu, jenis gula yang terkandung dalam minuman ini adalah sirup jagung yang tinggi  fruktosa. Gula ini sangat pekat dan cenderung sulit dicerna oleh tubuh.  Jika kita sering mengonsumsinya, sistem pencernaan, terutama hati, bekerja  sangat keras untuk memprosesnya. Dikombinasikan dengan paparan  minuman ini ke warna buatan, ada peningkatan risiko terkena kanker gastrointestinal.
  1. Makanan dengan bahan tepung putih

Makanan yang terbuat dari  tepung putih, seperti pasta, roti dan berbagai jenis kue, mudah ditemukan setiap hari. Masalahnya adalah makan makanan ini sering meningkatkan risiko kanker. Hal ini disebabkan oleh pengobatan tepung putih dengan beberapa bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko  kanker. Selain itu, ada banyak makanan yang mengandung tepung putih, yang kaya akan gula. Ini adalah zat yang dapat menyebabkan iritasi pada tubuh jika overdosis.
  1. Keripik kentang

Keripik kentang, terutama yang  dikemas dengan berbagai  rasa yang menarik, juga dapat meningkatkan risiko  kanker jika sering dimakan. Ini karena tingginya kadar lemak trans,  pengawet, dan garam. Selain itu, perlakuan kentang pada suhu tinggi  juga dapat menyebabkan perkembangan kadar akrilamida. Baik kandungan yang bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan karsinogenisitas.
  1. Margarin

Margarin, yang sering kita panggang pada kue, juga dapat meningkatkan risiko  kanker. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan terbentuknya bahan kimia karsinogenik atau karsinogenik seperti ricidol dan 3-MCPdare akibat proses pengolahan minyak  suhu tinggi.

  1. Popcorn yang diolah di dalam microwave

Popcorn yang dipanaskan dengan  microwave memang  enak, tetapi menurut pakar kesehatan, makanan tersebut sudah mengandung bahan kimia PFOA, salah satu bahan yang diketahui menyebabkan kanker. Selain itu, popcorn ini juga mengandung bahan kimia lain seperti diacetyl. Bahan ini juga dapat menyebabkan perkembangan kanker.

  1. Daging merah

Faktanya, daging tanpa lemak kaya akan nutrisi, tetapi asupan yang sering dapat menyebabkan berbagai  masalah kesehatan seperti kanker dan obesitas, jadi sebaiknya batasi asupan Anda. Jika Anda suka makan daging panggang, risiko Anda terkena kanker pankreas bisa mencapai 60 persen!




0 Response to "6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker"

Posting Komentar