Daftar Pesawat Antariksa Berjarak Miliaran Kilometer dari Bumi, Lengkap dengan Penemuan Spektakuler Mereka

 


Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah berhasil menghubungkan diri dengan wahana antariksa Voyager 2 yang kini berada pada jarak mencapai 19,9 miliar kilometer dari Bumi. Voyager 2 merupakan pesawat luar angkasa yang ditugaskan untuk menjelajahi planet-planet di luar Tata Surya. Tidak hanya Voyager 2, NASA telah berhasil mengirimkan beberapa wahana antariksa lainnya yang mencapai jarak yang cukup jauh dari Bumi.

Berikut adalah daftar pesawat antariksa yang berjarak ratusan juta hingga miliaran kilometer dari Bumi:

1. Voyager 1

Voyager 1 milik NASA adalah pesawat antariksa yang terbang paling jauh dari Bumi. Peluncuran pertamanya pada tahun 1977 memungkinkan Voyager 1 untuk melewati Jupiter dan Saturnus. Pada tahun 2012, Voyager 1 melintasi batas antarbintang dan terus mengumpulkan data.
Selama eksplorasi, Voyager 1 berhasil menemukan satelit Jupiter bernama Io dan mendokumentasikan delapan gunung berapi aktif yang memuntahkan material ke luar angkasa. Selain itu, wahana ini menemukan dua bulan Jupiter, yaitu Thebe dan Metis, serta memotret bulan-bulan Saturnus seperti Titan, Mimas, Enceladus, Thetys, Dione, dan Rhea yang mayoritas terdiri dari air es. Kini, Voyager 1 berjarak sekitar 23,96 miliar kilometer dari Bumi.

2.Voyager 2

Merupakan "adik" dari Voyager 1, Voyager 2 diluncurkan hanya dengan selang 16 hari setelah Voyager 1. Kedua pesawat antariksa ini mengunjungi planet-planet di luar Tata Surya dan melewati batas terluar heliosfer, lapisan atmosfer matahari yang memisahkan tata surya dari ruang antarbintang.
NASA memperkirakan keduanya memiliki daya listrik dan bahan bakar cukup untuk beroperasi hingga setidaknya tahun 2025. Meskipun berkomunikasi dengan Bumi akan berhenti pada saat itu, misi keduanya tetap akan berlanjut menuju bintang-bintang. Voyager 2 saat ini berjarak sekitar 19,9 miliar kilometer dari Bumi.

3.Pioneer 10

Diluncurkan pada 2 Maret 1972, Pioneer 10 adalah pesawat luar angkasa pertama NASA yang mencapai planet-planet luar. Setelah berhasil melewati Jupiter, asteroid, dan mencatat serangkaian rekor lainnya, Pioneer 10 bertahan lebih dari 30 tahun sebelum mengirimkan sinyal terakhirnya pada Januari 2003 dari jarak 12,23 miliar kilometer.
Pioneer 10 juga melintasi orbit Saturnus pada Februari 1976, mengumpulkan data tentang ekor magnetik Jupiter selama sekitar 800 juta kilometer.

4.Pioneer 11

Pioneer 11, "saudara" dari Pioneer 10, adalah pesawat luar angkasa pertama yang mempelajari Saturnus dari dekat. Misi ini berakhir pada tahun 1995, dan saat ini Pioneer 11 berjarak sekitar 14,59 miliar kilometer dari Bumi, diperkirakan berada sekitar 97,590 AU.
Seperti Pioneer 10 dan Voyager 1 dan 2, Pioneer 11 membawa pesan kemanusiaan ke angkasa luar.

5. Cassini

Cassini merupakan pesawat ruang angkasa pertama yang mendarat di bagian luar Tata Surya dan mengambil sampel dari samudera luar angkasa. Diluncurkan pada 15 Oktober 1997, Cassini telah memberikan kontribusi besar dalam eksplorasi Tata Surya dengan mengumpulkan data sebanyak 635 Gigabyte (GB).
Cassini juga mengungkapkan kompleksitas cincin Saturnus dan temuan-temuannya telah mendorong para ilmuwan untuk memperbarui pemahaman tentang Tata Surya. Kini, Cassini berada pada jarak sekitar 7,9 miliar kilometer dari Bumi.

6. Galileo

Galileo merupakan pesawat ruang angkasa pertama yang mengorbit planet-planet terluar dan mengirimkan probe ke atmosfer planet-planet luar.
Peluncurannya pada 18 Oktober 1989 dari Kennedy Space Center, Amerika Serikat. Galileo tiba di Jupiter pada 7 Desember 1995 dan saat ini berjarak sekitar 4,6 miliar kilometer dari Bumi.

Keberhasilan pesawat-pesawat antariksa tersebut dalam misi eksplorasi telah memberikan wawasan yang tak ternilai tentang Tata Surya dan ruang angkasa. Meskipun berada jauh dari Bumi, pesawat-pesawat ini terus menjadi saksi bisu perjalanan manusia ke luar angkasa dan penemuan spektakuler yang mengguncang pemahaman kita tentang alam semesta.




0 Response to "Daftar Pesawat Antariksa Berjarak Miliaran Kilometer dari Bumi, Lengkap dengan Penemuan Spektakuler Mereka"

Posting Komentar