Kisah Nyata Gadis Kecil Penjual Roti

Kisah nyata mengharukan ini terjadi di  Republik Sudan. Hal ini dialami oleh seorang guru pedesaan bernama al-Manakill. 

Saat itu, saya sedang mengajar  kelas tiga sekolah dasar perempuan. 
Dan setiap pagi selama pelatihan saya melihat seorang gadis  miskin dengan wajah imut dan polos menjual roti  ibunya. 
Gadis tukang roti ini harus pergi ke sekolah. 
Namun, karena keadaan keluarga yang miskin, dia tidak dapat bersekolah. 

Dia memiliki empat saudara laki-laki dan perempuan. sementara ayah mereka pergi. 
Gadis kecil inilah yang akhirnya membantu ibunya mencari nafkah dengan menjual roti di  sekolah. 
Inilah yang dia bayar untuk melanjutkan pendidikan saudara-saudaranya. 
Suatu hari, setelah menjelaskan kelas matematika kepada murid-murid saya, saya mengolok-olok hadiah dan menanyakan beberapa pertanyaan yang agak sulit kepada mereka. 

Tapi tidak ada yang bisa menjawab. 
Tiba-tiba, seorang gadis  penjual roti, yang tampaknya sedang menghadiri kelas di luar kelas, mengangkat tangannya ke luar jendela dan berteriak. 
"Guru, guru, guru ...!" 
Meskipun saya dan  siswa lain terkejut, saya memintanya menjawab pertanyaan. 
Dan, anehnya, jawabannya adalah...! 
Sejak hari itu saya menjadi penjaminnya. Perhatikan dia dan lakukan apa yang harus dia lakukan. 
Kami juga akan mencoba membahas hal-hal sederhana yang perlu Anda kuasai untuk membantu pembelajaran Anda. 

Saya juga setuju dengan kepala sekolah untuk  secara resmi mendaftarkan namanya sebagai siswa di sekolah. 
Anda dapat mengikuti ujian tanpa mengambil kelas karena Anda tidak dapat membayar uang sekolah secara penuh. 

Dia juga mulai mengajar dengan mustami (hanya mendengarkan) di  kelas 3 untuk mempelajari hal-hal sederhana dari pelajaran yang dia ajarkan di kelas. 
Saya juga setuju dengan semua guru mata pelajaran di kelas bahwa remaja putri diberikan kebebasan maksimal untuk mendengarkan dan didengarkan di luar kelas dan di semua kelas. Anehnya, 
mendapat nilai tertinggi setelah ujian  akhir semester 2 dan mendapat juara 1 dengan nilai tertinggi di sekolah..! 
Dengan cara ini, perjalanan gadis itu berlanjut. Di bawah asuhan dan pengawasan saya setiap hari sampai ia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Ketika salah satu saudara laki-lakinya tumbuh dewasa dan mulai mendapatkan uang dengan menjual air dari gerobak, dia juga memberikannya kepada mereka. 
Tapi saya harus bekerja di luar negeri. Karena tidak ada alat komunikasi pada saat itu, dia dapat  mengikuti perkembangan gadis pembuat roti dan memutuskan hubungannya dengannya  selama 16 tahun. 
Akhirnya kembali ke Sudan setelah 16 tahun. 

Saya punya teman yang bekerja di tempat yang sama di luar negeri juga. 
Dia memiliki seorang putra yang sedang belajar di Khartoum University Medical School, Sudan. 
Suatu hari dia mengundang saya untuk pergi ke kampus bersamanya. Saat aku memasuki kampus Universitas Khartoum dan duduk sebentar di ruang makan, seorang wanita cantik tiba-tiba menatapku dengan takjub. 
Sepertinya ekspresinya berubah ketika dia melihatku juga. 
Saya tidak tahu mengapa Anda melihat saya seperti itu. 
Kemudian saya bertanya kepada seorang teman di sebelah saya apakah saya tahu siapa dia, sambil menunjuk dengan tenang ke arahnya. 
"Ya, tentu saja. Meskipun usianya masih muda, dia adalah profesor termuda yang mengajar  semester akhir sekolah kedokteran di kampus ini." 
"Guru, apakah Anda tahu siapa Anda?" dia bertanya padaku 
"Tidak. Saya tidak tahu. Tapi matanya menatapku sangat aneh. - Aku menjawab. 
Dan tiba-tiba wanita ini berlari ke arahku dan mencium tanganku dan  menangis terlalu banyak. 

Tangisannya membuat  semua orang di restoran terpesona. 
Apa pun yang dipikirkan siapa pun di ruangan itu, dia memelukku sejenak. 
Mereka mungkin mengira aku adalah ayah dari gadis yang menangis di depanku. 
"Ayah...aku adalah anak  miskin yang tidak punya apa-apa... 
Dan karena kau membuatku seperti ini... 
Aku anak yang sama dan berkatmu aku bisa bersekolah 
Sebelum ayah menjagaku 
disediakan untuk 
Tentu saja, terima kasih atas kasih karunia Allah dan perhatian khusus Bapa, perhatian dan sikap manusia. 
Saya seorang gadis kecil penjual roti, pak... "
Saya hampir pingsan mendengarnya. 

Penjelasannya mengejutkan dan membuat saya terharu sekaligus senang melihat kondisinya. 
Allah... !Dia dulu, dia sekarang.. 
Kemudian gadis itu mengundang saya ke rumahnya, bersama dengan teman-teman yang bersama saya saat itu. 
Dia juga memberi tahu ibu dan saudara-saudaranya di rumah tentang saya. 
Bicaralah tentang betapa hebat dan bijaksananya Anda bersama mereka sebagai guru dan apa yang membuat mereka mengubah arah hidup mereka. 
Lalu aku mengucapkan kalimat pendek dengan air mata mengalir di pipiku. 

"Untuk pertama kalinya dalam hidupku,  aku merasa menjadi guru dan orang yang berguna..." 


Pesan Moral : 
Hati yang tulus menabur kebaikan dimanapun kamu berada.
Anda mungkin pernah melihat buah yang membuat Anda bahagia dan membuat Anda bahagia. 
Berbuat baiklah kepada semua orang di sekitarmu. Tentunya Anda akan menemukan kebaikan dan berkah-Nya. 
Berbuat baiklah kepada semua orang. Tidak diragukan lagi hasil dan imbalannya akan membuat Anda bahagia di dunia ini dan di masa depan. 

 *Dirangkum dari berbagai Sumber*

1 Response to "Kisah Nyata Gadis Kecil Penjual Roti"

  1. Mantap kakak, semangat terus

    Mampir juga ya kak, di jagungbaba.blogspot.com

    BalasHapus