7 Manfaat Luar Biasa Dari Makan Pisang


pisang-doktersehat
Photo Credit: Pexels.com

Salah satu buah yang paling mudah didapat di Indonesia adalah pisang. Anda tidak harus membelinya di toko buah, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di kebun atau kebun dekat rumah Anda. Selain rasanya yang manis dan memuaskan, para ahli kesehatan menyebut pisang sebagai salah satu buah yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh.

Berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari makan pisang

Pisang mengandung banyak  nutrisi sehat seperti potasium, potasium, serat, zat besi, magnesium dan berbagai  vitamin. Ini menambahkannya ke daftar makanan super yang kaya akan manfaat kesehatan. 

Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan rajin makan pisang.

  1. Baik bagi kesehatan otak

Seperti disebutkan sebelumnya,  pisang kaya akan potasium. Kandungan ini  sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan otak, terutama fungsinya. Anda juga akan dapat berpikir lebih baik, fokus dan mengingat Pisang juga kaya akan magnesium. 

Kandungan ini dapat meningkatkan fungsi otak  karena  sel-sel antar otak dapat saling memberi sinyal dengan lebih baik. Magnesium juga merespon reseptor N-methyl-d-aspartic acid (NMDA), yang selanjutnya dapat mengoptimalkan perkembangan otak pada anak. Ini juga akan sangat meningkatkan kemampuan belajar dan memori Anda.

  1. Bisa menyediakan energi

Pisang mengandung gula  dan serat alami untuk membantu menjaga tubuh Anda lebih berenergi. Dengan kata lain, ketika Anda memakannya sebagai camilan atau ketika Anda lapar, itu memberi energi pada tubuh Anda dan melakukan berbagai  hal. 

Satu studi menunjukkan bahwa makan dua buah pisang dapat memberikan tubuh energi yang cukup  untuk berjalan dalam waktu 90 menit. Artinya energi yang diberikan oleh buah ini tentunya sangat besar.

  1. Bisa memperlancar saluran pencernaan

Pisang kaya akan serat makanan. Kandungan ini  baik untuk kesehatan pencernaan karena dapat mencegah  sembelit, kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Jenis serat  dalam pisang adalah serat pektin, yang juga secara signifikan dapat mengurangi risiko  kanker usus besar.

  1. Bisa mengendalikan kadar gula darah

Meski rasanya manis, pisang sebenarnya membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan adanya serat pektin yang dapat membantu tubuh melakukan fungsi tersebut. Selain itu,  mengonsumsi pisang sebagai camilan sebagai pengganti camilan tidak sehat lainnya dapat membantu mencegah asupan kalori dan gula yang berlebihan. 

The American Diabetes Association menyatakan bahwa makan pisang secara teratur dapat mencegah  diabetes secara efektif.

  1. Tinggi kandungan antioksidan

Pisang sangat kaya akan antioksidan. Selain memperkuat sistem kekebalan  dan memerangi paparan  radikal bebas yang merugikan, para ahli kesehatan mengatakan antioksidan ini  meningkatkan produksi hormon dopamin dan katekin, membantu mencegah  stres dan peradangan meningkat.

  1. Baik untuk diet

Pisang mengandung pati resisten, yang membantu menjaga perut Anda kenyang untuk waktu yang lama. Ini berarti bahwa makan pisang sebagai bagian dari diet harian Anda atau sebagai camilan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

  1. Bisa mengatasi stres

Kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6  merangsang produksi hormon serotonin tubuh, mengurangi stres, meningkatkan mood, merilekskan pikiran dan tubuh, dan pada akhirnya mengarah pada suasana hati yang lebih bahagia.




0 Response to "7 Manfaat Luar Biasa Dari Makan Pisang"

Posting Komentar