Pengetahuan Tentang Komputer



Kali ini saya mau berbagi tentang istilah-istilah yang sering di dengar tentang dunia komputer ini.
Walaupun baru sedikit yang saya share, tapi untuk orang awam mungkin ini sangat membantu..

1. HTML5
Revisi yang sedang dibangun oleh konsorsium W3C untuk   dimasukan sebagai perubahan besar berikutnya pada standar HTML. Sebagaimana pendahulunya, yakni HTML 4.01 dan XHTML 1.1, HTML5 adalah standar untuk menstrukturkan dan menampilkan isi kode pada worl wide web.
Standar HTML5 terbaru ini memperkenalkan fitur baru seperti memutar video serta drag and drop tanpa bergantung kepada plugins pihak ketiga di browser web, seperti Adobe Flash dan microsoft silverlight.





2. Android
Sistem operasi yang awalnya dikembangkan oleh Android inc, dan akhirnya diakusisi oleh Google pada tahun 2005. Pengembangan sistem operasi Android didasarkan pada modifikasi kernel Linux,. Sistem operasi itu merupakan sistem operasi nomor dua terbanyak yang digunakan pada perangkat mobile. Para pengembang memakai bahasa pemrograman java (Google developed Java Libraries) untuk mengontrol perangkat mobile yang dikembangkan.



3. Bluetooth 3.0
Teknologi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHZ unlicensed ISM (Industrial, Scientific, Medical) dengan frekuensi hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara realtime  antara host-host bluetooth dengan jangkauan yang terbatas (sekitar 10 m). Bluetooth versi 3.0 mempunyai kecepatan hingga 24 MBPS atau 8x lebih cepat dari versi yang sebelumnya. Teknologi bluetooth saat ini telah mencapai versi 4.0 yang merupakan penyempurnaan dari versi 3.0 dengan konsumsi daya rendah dan jangkauan hingga 100 m.



4. MIDI
Musical Instrument Digital Interface adalah standar hardware dan software internasional untuk bertukar data (seperti kode musik dan MIDI Event) diantara perangkat musik elektronik dan komputer dari merk yang berbeda.




5. TOEFL
Test Of English As a Foreign Language adalah ujian kemampuan bahasa inggris yang diperlukan untuk mendaftar di universitas di Amerika Serikat atau negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa aslinya bukan bahasa inggris.



6. Adobe Flash
Dahulu bernama Macromedia flash, merupakan salah satu produk software komputer unggulan dari Adobe Systems Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor dan animasi gambar. File yang dihasilkan software ini berekstensi .swf dan dapat diputar web browser yang telah terinstall Adobe Flash Player. Adobe flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kali pada flash 5.




7. Source Kode
Kode awal program sebelum dikompilasi, merupakan pernyataan yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang terbaca oleh manusia. Source kode merupakan instruksi-instruksi awal yang memberi tahu compiler seperti apa program nantinya setelah dikompilasi ke dalam bentuk binary.




8. Theme
Sekumpulan file php (atau script server side lainnya), HTML, CSS, dan gambar yang berfungsi sebagai interface  antara blogware atau CMS dengan pengunjungnya. Apa yang tampil ketika anda mengakses web/blog ditentukan oleh tema. Dengan kata lain tema adalah mekanisme untuk mendefinisikan tampilan blog/web.





Sekian dulu sedikit pengertian tentang dunia komputer yang bisa saya sampaikan. Jika ada waktu saya akaan share lebih banyak lagi, terimakasih telah membaca artikel ini, jika ada kesalahan dalam penyampaian silakan comment untuk memperbaiki artikel ini.

0 Response to "Pengetahuan Tentang Komputer"

Posting Komentar